Tips & Trik Sepeda Saat Ingin Menanjak

sepeda menanjak

Bersepada memang membuat sehat tubuh kita dan begitu menyenangkan, pastinya jalan atau trek yang akan ditempuh sangat beragam. Biasanya jalanan mendatar dan menurun tentunya tidak ada rintagan atau masalah dari kebanyakan orang. Apalagi jika kita menemui jalanan dengan medan menanjak pasti terlihat sulit untuk menggowesnya.

Dengan adanya tanjakan yang akan kita lalui, saya akan memberikan tips & trik bersepeda agar dapat melalui jalanan menanjak.

sepeda menanjak
para bersepeda sedang melalui trek menanjak

Cara Mengatasi Kesulitan Bersepeda Dalam Menanjak

Yang harus anda lakukan untuk bisa melewati jalanan menanjak dalam bersepeda adalah, pertama-tama persiapan fisik anda dengan matang dan kondisi sepeda pun harus baik. Yang akan menjadi pokok hal ini, saat bersepeda di trek yang mendatar atau flet, turunan dan juga tanjakan.

Untuk yang hobi Road Bike (sepeda balap) akan memilih bersepeda di jalan yang beraspal, dimana jalanan aspal cenderung halus. Kemungkinan besar untuk penggemar MTB pun juga lebih memilih di jalan beraspal, yang biasanya digunnakan oleh Cross Country atau sehari-hari dalam bersepeda dengan baik, yang di pakai untuk bekerja sekolah atau berolahraga.

Pada umumnya jalanan yang beraspal bagi penggemar bersepeda, tentunya para penggemar road biker. Dan bagi yang gemar bersepada penuh tantangan lebih cenderung untuk rider MTB, yang dimana jalanannya seperti offroad. Ketika melalui jalanan tanjakan harus bisa menenetukan dalam kenyemanan, maka dari itu harus menyesuaikan suspensi, teknik shifting (gigi transmisi), posisi ketinggian seatpost dan posisi badan.

MTB Bike
penggemar sepeda yang ingin melalui terk tanjakan

Suspensi Yang Digunakan Harus Sesuai

Untuk tips ini digunakan bagi rider MTB dan juga diutamakan cross country (XC) baik bersepada di aspal ataupun offroad ringan. Saat anda ingin melewati tanjakan, maka usahakan kunci atau lock suspensi depan, yang betujuan membuatnya tidak bisa bekerja naik-turun.

Dengan adanya tips ini memang bertujuan, saat anda sedang melalui trek tanjakan dan anda berdiri diatas sadel dalam menggowes pedal dengan kuat. Maka dari itu energi dan tenaga yang anda keluarkan tidak terbuang dengan sia-sia, yang dikarenkan suspensi depan yang naik-turun.

Suspensi yang baik akan memberikan kita energi untuk dapat menggowes sepeda meski berdiri yang dapat disalurkan dengan menyeluruh pada crank. Bagi para sepeda MTB yang tidak memakai sistem lock, sebaiknya pengendara tidak dalam posisi berdiri saat menggowes pedalnya di tanjakan.

Bagi road biker penyesuain suspensi tidak memerlukannya karena fork depan yang digunakan sepeda balap sudah static.

Teknik Shifting (Pemindah Gigi Transmisi)

Tips ini pun, bisa digunakan untuk rider MTB atau road biker, Shifting atau yang biasa disebut pemindahan gigi transmisi buat para penggemar sepeda pastiya begitu tahu yang satu ini. Yang pada umumnya shifter terletak di handle bar atau stang kemudi di sepeda kita. Bagi kalian yang belum tahu, bahwa Shifter itu merupakan sebuah perangkat yang langsung terhubung dengan FD (front deraileur) dan RD (rear derailleur).

Yang mana fungsi dari FD dan RD itu, memindahkan gigi (chainrings) baik pada bagian depan ataupun belakang. Ketika akan melalui jalanan yang menanjak, jika menggunakan shifting yang benar maka dapat memberikan kenyamanan bagi pengendaranya dalam bersepeda. Jika rider yang memiliki tenaga (power) dan otot kaki yang begitu kuat, tidak akan menjadi permasalahan menggunkan gir (chainring depan paling besar dan gir yang belakang paling kecil.

Karena dengan menggunakan shifting model tersebut akan membuat akselerasi lebih maksimal pada saat menggowes sepeda.

Comments are closed.